Pelbagai pandangan dan pendapat diberikan seputar hukum berqasidah. Malah sehingga ada yag menyesat dan membidaah sesatkan qasidah ini. Alangkah terlalu mudahnya membidaahkan sesautu perkara dengan 'sesat' sedangkan ia merupakan suatu perkara yang diperselisihkan ulama. Di sini saya lampirkan satu penadpat yang perlu diberikan perhatian sewajarnya mengenai qasidah:
Adapun
amalan yang harus seperti bacaan Qasidah dan memukul kompang dalam maulid, maka
Ibnu Hajar – semoga Allah merahmatinya- telah berkata – seperti di nukil oleh Imam as-Sayuthi
dalam kitab “Al-
Hawi” (1/302): ( adapun amalan yang harus untuk di kerjakan adalah
terbatas kepada amalan yang menunjukkan rasa syukur kepada Allah Ta’aala, sama
ada membaca Al-Qur’an, memberi makan, bersedekah, dan mengalunkan qasidah pujian
kepada nabi…..adapun selain
dari itu seperti nyanyian,
dan mainan muzik
dan lain-lainnya, maka layak
untuk di nyatakan
bahwa: apa yang hukumnya
harus dari perkara
di atas, bila mana mengandungi arti
kegembiraan pada hari
itu, maka hukumnya boleh,
dan apabila hukumnya
haram atau makruh, maka di
larang).
Terdapat
hadist tentang hukum memukul kompang, di riwayatkan oleh
Imam Ahmad hadist
no:( 22989): ( seorang wanita
datang kepada Rasulullah Ahallallahu ‘Alaihi
wa Alihi Wasallam, lalu ia berkata: sesungguhnya aku bernadzar untuk memukul
kompang di hadapanmu. Nabi - Shallallahu ‘Alaihi wa Alihi Wasallam- bersabda:
(tunaikan nadzarmu). Hadist
riwayat Tirmidzi no: 3690, hadist hasan, diriwayatkan juga
oleh Ibnu Hibban dalam kitab sahihnya, hadist no: 4386, juga Abu Daud hadist
no: 3312.
Imam Al-Khattabi
dalam kitabnya (4/382)
berkata: (memukul kompang tidak
termasuk dalam bab ketaatan yang terkait dengan perihal hukum nadzar. Yang
paling baik untuk di perkatakan tentang hukumnya ialah harus, akan tetapi
bila ia mempunyai
hubungan untuk menunujukkan
kegembiraan atas keselamatan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi
wa Alihi Wasallam,
maka mengerjakannya adalah
menjadi bahagian dari ibadah, dan
tergolong dalam ketaatan). Demikian juga, tuntutan Rasulullah Shallallahu
‘Alaihi wa Alihi Wasallam ke atas Abdullah bin Rawahah, dan Ka’ab bin Malik dan
lainnya untuk membacakan sya’ir-sya’ir ( pujian-pujian).
Oleh : Asy Syaikh Dr Mahmood Ahmad Al Zain
1 comment:
berqasidah sebb mahabah kpd rasul SAW dikatakan bidaah tapi bernyanyi-nyanyi rindukan kekasih kerana nafsu tak ada pula yang melarang...
Post a Comment